DEFINISI PEKERJAAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI

  

Pekerjaan Sosial adalah seseorang yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan nilai praktik pekerjaan sosial yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan, dan/atau pengalaman di bidang kesejahteraan sosial dan/atau bidang ilmu sosial, dan/atau telah disetarakan serta telah mendapatkan sertifikat kompetensi.

Adapun untuk definisi pekerja sosial menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

1. Rex A.skidmore dan Milton G.thackeray mendefinisikan :

“Pekerjaan sosial bertujuan untuk meningkatkan keberfungsian sosial individu-individu,baik secara individual maupun kelompok,dimana kegiatannya difokuskankepada relasi sosial mereka,khususnya interaksi antara manusia dengan lingkungannya.”(skidmoredan Thackeray 1982:7)

2. “Pekerjaan sosial adalah profesi yang bidang utamanya berkecimpung dalam kegiatan pelayanan sosial yang terorganisasi, dimana kegiatan tersebut bertujuan untukmemberikan fasilitas dan memperkuat relationship, khususnya dalam penyesuaian dirisecara timbal balik dan saling menguntungkan antara individu dengan lingkungansosialnya, melalui penggunaan metoda-metoda pekerjaan sosial, sehingga individu maupun masyarakat dapat menjadi baik” (Leonora serafica- de Guzman)

3. “Pekerjaan sosial ialah semua keterampilan teknis yang dijadikan wahana bagi pelaksanaan usaha kesejahteraan sosial.”  (UU No.6 Tahun 1974 Tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial)

4. “The social work profession promotes social change, problem solving in human relationship and the empowering and liberation to enhance well-being. Utilising theoriesof human behaviour andsocial systems, social work intevenese at the point where peopleinteract with their environment. Principles of human rights and social justice are fundamental to social work.” – (International Federation of Social Worker) 

“Profesi pekerjaan sosial mengenalkan perubahan sosial, pemecahan masalah di dalam hubungan manusia dan pemberdayaan dan pembebasan untuk meningkatkankesehjateraan. Dengan menggunakan teori-teori tingkah laku manusia dan sistem sosial dan kebijakan sosial dan keadilan sosial merupakan dasar bagi pekerja sosial.” 

5. “Pekerjaan sosial adalah kegiatan profesional dalam membantu individu-individu,kelompok-kelompok atau komunitas-komunitas guna meningkatkan atau memperbaikikapasitas fungsionalitas sosial dan menciptakan kondisi-kondisi kemasyarakatan yang memungkinkan tercapainya tujuan tersebut.” National Association of SocialWorkers(1958)

6. “Pekerjaan sosial berupaya untuk meningkatkan keberfungsian social individu-individu baik secara individual maupun dalam kelompok dengan kegiatan-kegiatan yangdifokuskan pada relasi-relasi social mereka yang merupakan interaksi diantara manusiadengan lingkungannya. Kegiatan-kegiatan ini dapat dikelompokkan menjadi tiga fungsi: perbaikan kapasitas yang terganggu, pengadaan sumber-sumber individu dan sosial dan pencegahan terjadinya disfungsi sosial.” – Werner Boehm, (1958)

7. “Social work is defined as a social institutional methods of helping people to prevent and to resolve their social problem, to restore and enhance their social functioning.” –  Siporin, (1975) Artinya : 

“Pekerjaan sosial didefinisikan sebagai metode kelembagaan sosial untuk membantu orang, untuk mencegah dan memecahkan sosial mereka, untuk memulihkan dan meningkatkan keberfungsian mereka.” 

8. Pekerjaan sosial adalah suatu pelayanaan sosial profesional yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam hubungan kemanusiaan guna membantu seseorang atau kelompok untuk mencapai kepuasan dan kebebasan pribadi maupun sosial.” –  W.A.Friedlander (1967)

9. Menurut Social Work Year Book tahun 1945 dalam buku pengantar bukuKesejahteraan Sosial oleh Drs. Syarif Muhidin, M.Sc "Pekerjaan Sosial adalahsuatu pelayanan professional kepada orang orng dengan tujuan untukmembantu mereka baik secara individu maupun kelompok untuk mencapairelasi-relasi standar hidup yang memuaskan sesuai dengan kebutuhan merekadan masyarakat.”

10.pekerjaan sosial adalah suatu pelayanan profesional kepada orang-orang dengan tujuan untuk membantu mereka baik secaraindividu atau kelompok untuk mencapai relasi-relasi dan standar hidup yang memuaskansesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka dengan masyarakat. (Social worker year book tahun 1945)

11.“Pekerjaan sosial ialah semua keterampilan teknis yang dijadikan wahana bagi pelaksanaan usaha kesejahteraan sosial.” UU No.6 Tahun 1974 Tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial

12.“Social work is defined as a social institutional methods of helping people to prevent andto resolve their social problem, to restore and enhance their social functioning.” – Siporin, (1975)Artinya : “Pekerjaan sosial didefinisikan sebagai metode kelembagaan sosial untuk membantu orang, untuk mencegah dan memecahkan sosial mereka, untuk memulihkan dan meningkatkan keberfungsian mereka.” 

13.“Pekerjaan sosial (social work)  adalah sebuah profesi yang mendorong perubahan sosial,memecahkan masalah dalam kaitannya dengan relasi kemanusiaan, memberdayakan, dan membebaskan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.” – (DuBois & Miley(2005:4)

14.“Pekerjaan sosial merupakan profesi yang bidang utamanya berkecimpung dalam kegiatan pelayanan sosial yang terorganisasi, di mana kegiatan tersebut bertujuan untukmemberikan fasilitas dan memperkuat relasi, khususnya dalam penyesuaian diri secaratimbal balik dan saling menguntungkan antara individu dengan lingkungan sosialnyamelalui penggunaan metoda pekerjaan sosial.” – (Leonora Serafika de Guzman

15.Social Work bertujuan untuk meningkatkan atau memulihkan interaksi secara timbal balik antara individu dengan masyarakatnya agar tercipta kehidupan yang berkualitastinggi - Dean H. Hepworth dan Jo Ann Larsen.

16.Pekerjaan Sosial adalah sebuah profesi pertolongan yang bertugas untuk membantuindividu, keluarga, kelompok, komunitas, atau masyarakat guna memperbaiki,mengembalikan, meningkatkan, dan mengembangkan keberfungsian sosialnya serta berupaya mendorong terjadinya perubahan sosial demi tercapainya standar kesejahteraandalam kehidupannya - Scientific Social Work Discussion (SSWD)

17.Semua keterampilan teknis yang dijadikan wahana bagi pelaksanaan usaha kesejahteraansosial.– Undang-undang no. 11 tahun 2009

18.“Pekerjaan sosial bertujuan untuk meningkatkan keberfungsian sosial baik secara individual maupun kelompok, di mana kegiatannya difokuskan kepada relasi sosialmereka, khususnya interaksi antara manusia dengan lingkungannya” – Rex Skidmore

19.“Pekerjaan sosial berkepentingan dengan permasalahan interaksi antara orang denganlingkungan sosialnya, sehingga mereka mampu melaksanakan tugas-tugas kehidupan,mengurangi ketegangan, mewujudkan aspirasi dan nilai-nilai mereka.” – Allan Pincus

20.“Pekerjaan sosial merupakan sebuah aktivitas profesional dalam menolong individu,kelompok dan masyarakat dalam meningkatkan atau memperbaiki kapasitas mereka agar berfungsi sosial dan untuk menciptakan kondisi-kondisi masyarakat yang kondusif dalam mencapai tujuannya.” – Zastrow (1999:5)

21.Pekerjaan sosial adalah seni yang mempergunakan berbagai sumber untukmengatasi kebutuhan– kebutuhan individu, kelompok dan masyarakat denganmemahami metode pertolungan secara ilmiah agar mereka itu dapat menolongdirinya sendiri. - Herbert Hewitt Stroup

22.Pekerjaan sosial adalah suatu profesi pemberian bantuan untuk meningkatkanatau mengembalikan interaksi timbal balik yang saling menguntungkan antaraorang dan masyarakat guna memperbaiki kualitas hidup setiap orang. - Drs.Soetarso M.S.W 

23.Menurut Tara Kuther, Ph.D, Pekerja Sosial adalah seorang profesional yang paling sering bekerja dengan orang yang membantu mereka membantu mengelola kehidupan sehari-hari mereka, memahami dan beradaptasi dengan penyakit, cacat, kematian dan memberikan pelayanan sosial.

24.FRIEDLANDER,WALTER A,APTE,ROBERTZ, Pekerjaan yang didasarkan pada pengetahuan dan keterampilan ilmiah guna membantu individu ,kelompok/masyarakat agar tercapai kepuasan pribadi dan sosial serta kebebasan.

25.REX.A.SKIDMORE,MILTON TRACKERAY dan WILLIAM FARLEY, Pekerjaan sosial adalah bertujuan untuk meningkatkan keberfungsian sosial individu2,baik secara individu maupun kelompok ,dimana kegiatan difokuskan kepada relasi sosial mereka khususnya interaksi orang2 dengan lingkungan.

26.LEONARA SCRAFICA DE GUSMAN, Pekerjaan sosial adalah profesi yang bidang utamanya berkecimpung dalam kegiatan pelayanan sosial yang terorganisasi,dimana tujuannya untuk memfasilitasi dan memperkuat relasi dalam penyesuaian diri secara timbal balik dan saling menguntungkan antara individu dengan lingkungan sosial melalui penggunaan metode2 pekerjaan sosial.

27.Menurut UU no 6 th 1974 tentang ketentuan Pokok. Kesejahteraan Sosial,Pekerjaan sosial didefinisikan semua keterampilan teknis yang dijadikan sebagai wahana bagi pelaksanaan usaha kesejahteraan sosial

28.Jack Claridge, Pekerja Sosial adalah seorang individu yang bertujuan untuk membantu orang-orang dalam masyarakat yang tidak mampu atau kesulitan dalam menangani masalah kehidupan yang mereka hadapi.

29.Menurut Endang Moertopo, Pekerja Sosial adalah seorang yang memiliki dasar pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai pekerjaan sosial yang bertujuan untuk mmemberikan pelayanan kesejahteraan sosial.


KESIMPULAN

Pekerjaan Sosial merupakan seorang profesional yang menolong individu, kelompok, organisasi, komunitas maupun masyarakat untuk meningkatkan dan memperbaiki kapasitas agar dapat berfungsi sosial dengan baik, serta untuk menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif. Pekerja Sosial dapat juga dapat diartikan sebagai seorang profesional yang membantu individu, kelompok, organisasi, komunitas maupun masyarakat dalam mencegah dan menyelesaikan masalah sosial serta memeberdayakan supaya kesejahteraan sosal dalam masyarakat dapat dicapai serta ditingkatkan.

 Sumber 

LihatTutupKomentar