Apa Itu Pekerjaan Sosial

 

Pekerjaan sosial adalah profesi berbasis praktik yang mempromosikan perubahan sosial, pengembangan, kohesi, dan pemberdayaan orang dan komunitas. Praktik pekerjaan sosial melibatkan pemahaman tentang perkembangan manusia, perilaku dan institusi serta interaksi sosial, ekonomi dan budaya. Profesional pekerjaan sosial yang bekerja dengan keluarga dan lembaga telah membantu memberikan dan memajukan dampak sosial berikut:
  • Civil Rights (Hak-hak sipil)
  • Unemployment Insurance (Asuransi pengangguran)
  • Disability Pay (Pembayaran Disabilitas)
  • Workers’ Compensation (Kompensasi Pekerja)
  • Reduced Mental Health Stigma (Mengurangi Stigma Kesehatan Mental)
  • Medicaid and Medicare
  • Child Abuse and Neglect Prevention (Pencegahan Pelecehan dan Pengabaian Anak)

Di Amerika Serikat, pekerjaan sosial telah ada selama lebih dari 100 tahun, dengan perintis terkenal seperti Jane Addams, Frances Perkins, Whitney M. Young, Jr., Harry Hopkins, Dorothy Height dan Jeannette Rankin.

3 Jenis Pekerjaan Sosial

Secara umum, ada tiga jenis praktik pekerjaan sosial: pekerjaan sosial mikro, mezzo, dan makro . Di setiap tingkat, profesional pekerjaan sosial memberikan layanan yang sedikit berbeda untuk populasi sasaran.
  • Pekerjaan Sosial Mikro : Pada tingkat mikro, pekerja sosial memberikan layanan satu-satu, keluarga dan kelompok kecil kepada individu yang menangani berbagai masalah sosial. Ini mungkin termasuk dukungan perumahan, konseling penyalahgunaan zat dan terapi kesehatan mental
  • Pekerjaan Sosial Mezzo : Pekerja sosial yang beroperasi di tingkat mezzo bekerja dengan sekelompok orang, seperti di sekolah, penjara, rumah sakit atau lingkungan sekitar. Mereka dapat membantu siswa yang berjuang secara akademis, menangani pemulihan penyalahgunaan zat dengan narapidana penjara atau membantu mengoordinasikan perawatan untuk pasien yang dirawat di rumah sakit untuk perawatan jangka panjang.
  • Pekerjaan Sosial Makro : Pekerjaan sosial tingkat makro meliputi pembuatan kebijakan, penelitian dan inisiatif berbasis masyarakat. Pekerja sosial pada tingkat praktik ini lebih cenderung fokus dan membantu mengatasi masalah sosial yang lebih besar seperti tunawisma, penyalahgunaan zat, perumahan, dan banyak lagi.

Apa itu Pekerja Sosial?
Pekerja sosial adalah profesional yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan membantu memenuhi kebutuhan dasar dan kompleks masyarakat dan masyarakat. Pekerja sosial bekerja dengan banyak populasi dan tipe orang yang berbeda, terutama berfokus pada mereka yang rentan, tertindas dan hidup dalam kemiskinan.

Tergantung pada spesialisasi mereka, jabatan dan tempat kerja, seorang pekerja sosial mungkin diminta untuk berpartisipasi dalam proses legislatif yang sering menghasilkan pembentukan kebijakan sosial. Mereka bersandar pada nilai dan prinsip pekerjaan sosial, serta penelitian akademis untuk melaksanakan pekerjaan mereka. 

Pekerja sosial dididik dan dilatih untuk mengatasi ketidakadilan sosial dan hambatan terhadap kesejahteraan klien mereka secara keseluruhan. Beberapa di antaranya termasuk kemiskinan, pengangguran, diskriminasi dan kurangnya perumahan. Mereka juga mendukung klien dan komunitas yang hidup dengan disabilitas, masalah penyalahgunaan zat atau mengalami konflik rumah tangga. 

Pekerja sosial sering menyempurnakan praktik mereka dengan fokus pada tingkat intervensi dan jenis komunitas yang ingin mereka layani. Seorang pekerja sosial klinis, misalnya, berfokus pada diagnosis, perawatan, dan pencegahan masalah mental, emosional, dan perilaku. Di sisi lain, seorang pekerja sosial mungkin fokus pada penelitian dan pengembangan untuk program skala kecil atau besar untuk membantu masyarakat, seperti Medicaid. 

Apakah Karir di Pekerjaan Sosial Tepat untuk Saya?
Apakah karier dalam pekerjaan sosial sepadan? Bagi Anda, bisa jadi. Sebelum Anda menentukan profesi apa pun, baik itu dalam pekerjaan sosial atau disiplin terkait, pertimbangkan minat pribadi, kemampuan unik, dan tujuan profesional Anda. Karir Anda sebagai pekerja sosial harus selaras dengan tiga hal ini. Pertimbangkan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini untuk menentukan apakah karir pekerjaan sosial layak untuk Anda:
  • Apakah keragaman mendorong Anda atau kompetensi budaya Anda yang menarik orang lain kepada Anda? 
  • Apakah Anda saat ini menghabiskan waktu luang Anda untuk membimbing remaja yang kurang beruntung atau mendukung anak-anak dan remaja yang mengalami trauma atau pelecehan di tangan anggota keluarga?
  • Apakah Anda tangguh secara emosional, dan apakah Anda mencari tantangan di tempat kerja, selalu mengusulkan solusi baru?
  • Apakah Anda dipuji karena kesabaran, profesionalisme, dan kemampuan Anda membaca orang?
Pekerjaan seorang pekerja sosial sering dianggap bermanfaat dan melelahkan secara emosional. Memiliki keterampilan interpersonal yang kuat, melatih empati dan menjadi komunikator, pendengar, dan pemikir kritis yang efektif dapat berkontribusi pada kesuksesan dalam karir ini.

Jika Anda memutuskan untuk memasuki bidang pekerjaan sosial, Anda akan bergabung dengan angkatan kerja yang berkembang pesat. Pekerjaan pekerja sosial diproyeksikan tumbuh 12% dari 2020 hingga 2030, menurut Bureau of Labor Statistics (BLS). Sebaliknya, semua pekerjaan diharapkan tumbuh 8% dalam dekade yang sama. 

Apa yang Dilakukan Pekerja Sosial?
Peran seorang pekerja sosial mencakup banyak spesialisasi yang beragam. Berikut adalah beberapa tanggung jawab umum pekerja sosial yang diselenggarakan oleh bidang khusus yang berbeda:
  • Child, family and school (anak, keluarga, dan sekolah) Pekerja sosial membantu anak, staf sekolah, dan anggota keluarga menyelesaikan masalah. Dalam beberapa kasus, ini mungkin berarti menempatkan anak-anak di panti asuhan. Pekerja sosial anak, keluarga, dan sekolah juga dapat menghubungkan orang tua yang kesulitan dengan sumber daya untuk membantu merawat dan membesarkan anak-anak mereka dengan lebih baik. Mereka bekerja bersama siswa dan guru untuk mengatasi intimidasi, ketidakmampuan belajar, dan gangguan/hambatan lainnya. 
  • Medical and public health (medis dan kesehatan masyarakat) Pekerja sosial membantu mereka yang sakit parah dan mereka yang memiliki masalah kesehatan kronis untuk mendapatkan perawatan yang memadai, mengakses sumber daya publik seperti Medicare dan Medicaid atau menemukan layanan seperti perawatan di rumah. Mereka sering memainkan peran penting dalam mendukung klien saat mereka menavigasi berbagai sistem layanan kesehatan dan layanan publik yang mengoordinasikan perawatan kesehatan. 
  • Mental health and substance abuse(Kesehatan mental dan penyalahgunaan zat) pekerja sosial mendukung orang dengan masalah kesehatan mental atau penyalahgunaan zat. Terapi merupakan salah satu intervensi yang umum digunakan oleh pekerja sosial untuk membantu klien mengatasi masalah tersebut. Membantu orang untuk menemukan program rehabilitasi yang dapat diakses secara finansial atau perawatan kesehatan mental jangka panjang adalah layanan lain yang ditawarkan. Pekerja sosial kesehatan mental dan penyalahgunaan zat juga dapat berpartisipasi dalam program penjangkauan dan pencegahan yang berupaya mengatasi masalah sebelum menjadi lebih buruk.

Ini bukan pertanyaan tentang apa yang dilakukan pekerja sosial setiap hari, melainkan apa yang tidak dilakukan oleh pekerja sosial? Hari demi hari, pekerja sosial dapat ditemukan di berbagai lingkungan membantu dan mendukung orang-orang di sekitar mereka. 

Dimana Pekerja Sosial Bekerja?
Pekerja sosial dapat ditemukan dalam berbagai pengaturan pekerjaan. Spesialisasi sering menentukan di mana dan bagaimana mereka bekerja. Beberapa menghabiskan waktu di kantor, meskipun mengunjungi klien di luar lokasi juga biasa terjadi. Mereka yang bekerja dalam posisi anak, sekolah dan keluarga mungkin mengalami perubahan jadwal dan umumnya perlu melakukan perjalanan lebih dari rekan-rekan perawatan kesehatan mereka yang cenderung lebih tetap dalam peran mereka. 

Bidang pekerjaan sosial memungkinkan berbagai area fokus yang didedikasikan untuk membantu orang lain. Anda dapat menemukan pekerja sosial yang berdedikasi di dalam rumah sakit, klinik kesehatan mental, penjara, barak militer, pusat senior, perusahaan dan lembaga sosial publik. Di luar pandangan publik, pekerja sosial berlisensi juga dapat membuka praktik pribadi yang berspesialisasi dalam masalah hubungan, gangguan kepribadian, atau penyakit mental.

Karir dalam Pekerjaan Sosial 
Ada banyak kemungkinan untuk karir pekerjaan sosial di tingkat makro, mikro dan mezzo. Beberapa peluang meliputi:
  • Pekerja Sosial Militer . Seorang pekerja sosial militer mendidik dan bekerja dengan anggota angkatan bersenjata dan keluarga mereka untuk membantu mereka dengan tantangan unik yang mereka hadapi dalam pekerjaan mereka. Melalui konseling dan dukungan, pekerja sosial militer dapat menavigasi kompleksitas bekerja dengan klien aktif dan klien sipil yang merupakan bagian dari militer.
  • Pekerja Sosial Masyarakat . Alih-alih bekerja dengan klien individu, pekerja sosial komunitas menilai kelompok secara keseluruhan dan menerapkan langkah-langkah dan perubahan untuk kemajuan semua orang. Pekerja sosial komunitas merencanakan dan mengelola program baru, atau bekerja untuk mengalokasikan sumber daya kepada komunitas.
  • Pekerja Sosial Kesehatan Jiwa . Penyakit mental dapat menghadirkan banyak tantangan bagi orang dan keluarga. Mereka yang hidup dengan gangguan kesehatan mental seringkali membutuhkan dukungan dan perhatian tambahan yang dapat diberikan oleh pekerja sosial. Seorang pekerja sosial kesehatan mental menghabiskan waktu mereka untuk menilai dan merawat orang-orang dengan masalah kesehatan mental dan memberikan umpan balik dan bantuan untuk mengatasi masalah perilaku dan emosional ini. 
  • Pekerja Sosial Sekolah . Sebagian besar sekolah dasar dan menengah memiliki pekerja sosial yang menyuarakan dan mengadvokasi siswa mereka. Seorang pekerja sosial sekolah bekerja secara langsung dengan sekolah, guru, orang tua, dan staf untuk memastikan siswa dapat berkembang di dalam dan di luar lingkungan kelas. Para pekerja sosial ini mengembangkan hubungan dengan keluarga, merekomendasikan sumber daya masyarakat dan memperluas dukungan untuk layanan kesehatan mental dan manajemen krisis.

Keterampilan Pekerja Sosial
Setiap pekerja sosial menggunakan beragam keterampilan untuk melakukan pekerjaan mereka. Tetapi seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada keterampilan tertentu yang bisa sangat berguna bagi mereka yang bekerja di lapangan. Di bawah ini adalah beberapa contoh:
  • Empati (Empathy) . Keterampilan ini memungkinkan pekerja sosial untuk menempatkan diri mereka pada posisi klien mereka. Memiliki empati dapat menawarkan pekerja sosial pemahaman yang lebih dalam tentang masalah klien mereka.  
  • Organisasi.(Organization) Dengan banyaknya tanggung jawab sehari-hari yang mereka miliki, pekerja sosial harus sangat terorganisir. Jumlah dokumen dan beban kasus dapat bertambah dari jaringan, panggilan, penagihan, dan layanan pengorganisasian untuk semua orang. 
  • Komunikasi.(Communication) Pekerja sosial harus jelas, ringkas dan transparan dengan klien dan keluarga atau penyedia perawatan mereka, serta dengan rekan kerja mereka. Komunikasi yang kuat dapat membantu mengurangi kesalahpahaman dan meruntuhkan hambatan komunikasi lainnya.
  • Penyelesaian masalah (Problem-Solving) . Tidak ada kasus yang sama dan pekerja sosial sering bekerja keras untuk menemukan solusi terbaik dalam situasi yang sulit. Pemecah masalah yang baik dapat membantu klien mendapatkan layanan dan dukungan terbaik yang dibutuhkan.
  • Kesabaran (Patience). Sebagai pekerja sosial, Anda akan bekerja dengan klien yang beragam. Mempertahankan kesabaran dan pemahaman klien dari latar belakang ras dan sosial ekonomi yang berbeda adalah komponen inti dari praktik pekerjaan sosial.

Mengapa pekerja sosial penting? 
Dampak seorang pekerja sosial lebih dari sekadar membantu orang yang membutuhkan. Dari mempromosikan nilai-nilai inti belas kasih dan pelayanan kepada orang lain, hingga membingkai penelitian di lapangan, hingga menginformasikan kebijakan, pekerja sosial secara aktif menangani dan membela hak asasi manusia dan ketidakadilan sosial. Mereka memperkuat individu dan komunitas dan mencoba memberikan suara kepada yang belum pernah terdengar. 

Sumber : https://apk.miuiku.com/hYMwEiSQ
LihatTutupKomentar